Halaman

Selasa, 24 Maret 2015

5 Tanaman Herbal Kaya Manfaat


Tanaman Obat HerbalPengobatan herbal semakin mendapat tempat di kalangan masyarakat Indonesia. Selain dinilai ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, obat herbal juga dinilai aman karena tidak memiliki efek samping. Obat herbal memanfaatkan tanaman yang memiliki kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan baku utamanya. Beberapa tanaman herbal banyak digunakan sebagai bahan baku obat, baik untuk penyembuhan luka luar ataupun penyakit dalam. Adapun 5 tanaman yang bisa anda manfaatkan sebagai obat herbal alami adalah  :
1. Lidah buaya
Lidah buaya atau aloe vera memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat, meremajakan kulit, dan detoksifikasi kulit. Selain itu, lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan luka bakar ringan.
2. Bawang putih
Bawah putih sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Dikenal mempunyai sifat antibiotik, bawang putih memiliki peran penting untuk mengatasi luka kecil hingga bisul. Namun yang harus anda ketahui adalah sifat antibiotik dari bawang putih hanya bisa dimanfaatkan saat bawang dicincang, dihancurkan, atau dikunyah langsung. Bawang putih merupakan salah satu obat herbal alami yang bisa anda gunakan pada kehidupan sehari-hari.
3. Ginseng
Tanaman khas Korea ini bermanfaat untuk memberikan dorongan energi secara instan. Selain itu ginseng juga diketahui dapat membantu masalah kesuburan pria. Ginseng sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku obat, baik dalam bentuk kapsul, tablet, ataupun teh.
4. Peppermint
Tanaman peppermint (mentha) banyak dimanfaatkan orang sebagai obat herbal alami yang dapat mengatasi gangguan pencernaan. Anda bisa memanfaatkan daunnya sebagai campuran bahan makanan atau minuman. Untuk merasakan manfaatnya, anda bisa tambahkan daun peppermint kering sebanyak dua sendok makan pada secangkir teh yang selalu anda konsumsi.
5. Chamomile
Chamomile adalah tanaman dari keluarga bunga Matahari. Chamomile dipercaya dapat menyembuhkan radang pada usus, sakit perut, dan bisa dimanfaatkan sebagai obat tidur (penenang syaraf). Chamomile sudah banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan baku pembuatan teh herbal. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari chamomile, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi secangkir teh chamomile setiap pagi.
Itulah beberapa tanaman yang bisa anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai obat herbal alami dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar