1.
Salah satu pulau di Indonesia
yang tidak ditemukan peninggalan sejarah masa perkembangan Hindu Budha adalah….
A.
Jawa.
B.
Maluku.
C.
Bali.
D.
Sumatera.
2.
Kronologi perkembangan masuknya
Islam ke Indonesia berdasarkan urutan masa berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
adalah…
A.
Gowa-Banjarmasin-Tallo.
B.
Mataram Islam-Demak-Banten.
C.
Samudera Pasai-Demak-Panjang.
D.
Cirebon-Demak-Samudera Pasai.
3.
Pernyataan yang benar berkaitan
denganpeninggalan masa penyebaran Islam adalah….
A.
Gua Sunyaragi merupakan
peninggalan Kerjaan Banten.
B.
Mesjid Agung Kasepuhan
merupakan peninggalan Kerjaan Tidore.
C.
Genta perunggu “Cakra Donya”
merupakan peninggalan Kerajaan Aceh.
D.
Nisan makam Maulana Malik
Ibrahim merupakan peninggalan Kerjaan Demak.
4.
Salah satu dampak pelaksanaan Preanger Stelsel pada zaman VOC adalah…
A.
Rakyat menjadi korban akibat
sistem tanam paksa kopi.
B.
Rakyat mengenal teknik menanam
karet yang benar di lereng-lereng bukit.
C.
Bencana kelaparan di Pekalongan
dan Grobogan sebagai wilayah penanaman indigo.
D.
Dibangunnya jalan Pos antara
Anyer sampai Panarukan.
5.
Salah satu kesamaan perlawanan
Thomas Matulesy dan Untung Surapati terhadap VOC adalah keduanya…
A.
Mendapat bantuan dari kerajaan
tetangga.
B.
Berakhir akibat adanya
pengkhianatan.
C.
Menggunakan strategi adu domba.
D.
Menentang penindasan VOC.
6.
Salah satu dampak social budaya
penerapan sistem Tanam Paksa di masyarakat Jawa pada masa kolonial Belanda
adalah….
A.
Berkurangnya pengaruh elit
tradisional.
B.
Penggunaan bahasa Melayu
sebagai bahasa pergaulan.
C.
Kemandegan usaha pertanian
rakya.
D.
Terjadinya kelaparan yang
meluas.
7.
Salah satu cirri pendidikan
pada zaman kolonial Belanda adalah…
A.
Hanya mengajarkan bahasa
Belanda.
B.
Sekolah tertutup untuk kaum
pribumi.
C.
Dibuka sekolah kejuruan dan
umum.
D.
Sistem pendidikan yang lengkap.
8.
Faktor social budaya yang
mendorong lahirnya pergerakan Kebangsaan Indonesia adalah….
A.
Meningkatnya simpati pemerintah
colonial Belanda.
B.
Rakyat Indonesia merasa sangat
tertindas oleh penjajahan Belanda.
C.
Munculnya kaum terpelajar yang
berfaham kebangsaan.
D.
Adanya tokoh-tokoh daerah yang
menjadi pemimpin pemberontakan.
9.
Pengaruh Perang Dunia I
terhadap pergerakan nasional Indonesia adalah..
A.
Mendorong lahirnya Budi Utomo.
B.
Meningkatnya radikalisme kaum
nasionalis.
C.
Melemahnya sifat radikalisme
gerakan komunis.
D.
Mendorong lahirnya Indische Partij.
10.
Perlawanan rakyat Indonesia
terhadap pendudukan Jepang adalah…
A.
Perlawanan PETA di Blitar.
B.
Perlawanan K.H.Z Mustafa di
Singaraja.
C.
Serangan Umum 1 Maret di
Yogyakarta.
D.
Perang Puputan Margarana di
Bali.
11.
Perhatikan urutan peristiwa
berikut ini!
(1)
Peristiwa Rengasdengklok.
(2)
Janji Kemerdekaan dari Perdana
Menteri Koiso.
(3)
Pembacaan teks Proklamasi.
(4)
Pemanggilan Soekarno – Hatta ke
Dalat
Kronologi peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI diatas yang
benar adalah…
- 1, 2, dan 3
- 2, 4, dan 1
- 2, 3, dan 4
- 4, 1, dan 3
12.
Salah satu bentuk perjuangan
diplomasi Indonesia yang menghasilkan pengakuan kedaulatan dari Negeri Belanda
terdapat dalam…
A.
Konferensi Meja Bundar.
B.
Perundingan Renville.
C.
Perundingan Linggarjati.
D.
Perundingan Roem Royen.
13.
Arti penting pelaksanaan
PEPERA(Penentuan Pendapat Rakyat) pada tahun 1969 di Irian Barat bagi Indonesia
adalah…
A.
Agar Nusantara bersatu dibawah
RIS.
B.
Seluruh wilayahh Indonesia
berada dalam satu kesatuan.
C.
Irian Barat menjadi wilayah RI
yang memiliki status khusus.
D.
Keutuhan wilayah NKRI sesuai
proklamasi kemerdekaan RI.
14.
Peristiwa menjelang pecahnya
peristiwa G 30S/PKI ditunjukkan oleh adanya fakta…
A.
Persaingan partai politik.
B.
Kerusuhan di berbagai daerah.
C.
Penculikan tujuh jenderal.
D.
Pembentukan dewan jenderal.
15.
Pernyataan yang terkait dengan
peristiwa penumpasan G 30S/PKI adalah operasi…
A.
Seroja.
B.
Tritura.
C.
Trisula.
D.
Kikis.
16.
Berikut ini adalah tujuan
reformasi….
A.
Meningkatkan kepercayaan rakyat
kepada pemerintahan dan kabinetnya.
B.
Meningkatkan impor untuk
memperkuat ekonomi nasional.
C.
Menegakkan supremasi hokum,HAM,
dan demokrasi.
D.
Meningkatkan stabilitas politik
dalam negeri.
17.
Peristiwa yang berkaitan dengan
Konferensi Bogor menjelang pelaksanaan Konferensi Asia Afrika adalah…
A.
Dihadiri oleh lima Presiden
Negara Asia-Afrika.
B.
Penunjukkan Ali Sastroamidjojo
sebagai ketua konferensi.
C.
Menetapkan tujuan pelaksanaan
Konferensi Asia-Afrika di Bandung.
D.
Menetapkan 50 negara
Asia-Afrika yang akan diundang.
18.
Salah satu peranan Indonesia
sebagai anggota ASEAN dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan Asia
Tenggara adalah…
A.
Ikut berperan sebagai mediator
politik pada konflik di Filipina bagian selatan.
B.
Mengirim pasukan untuk menumpas
pemberontakan di Kamboja.
C.
Kerjasama memajukan pariwisata
dengan pemerintah Thailand.
D.
Turut mendukung tuntukan
demokrasi di Birma.
19.
Latar belakang lahirnya Gerakan
Non Blok adalah…
A.
Kesepakatan Negara yang
tergabung dalam Blok Barat dan Blok Timur.
B.
Ketidakstabilan keamanan dunia
pasca perang Dunia II.
C.
Ancaman Perang Dingin terhadap
perdamaian dunia.
D.
Sebagai organisasi tandingan
yang tidak memihak salah satu blok.
20.
Program yang dilaksanakan pada
saat Indonesia menjadi ketua Non Blok adalah…
A.
Kerjasama penanggulangan
sengketa perbatasan.
B.
Kerjasama dalam bidang militer.
C.
Menghidupkan dialog
Barat-Timur.
D.
Menghidupkan dialog
Utara-Selatan.
21.
Konflik yang sering terjadi antar
etnik di Indonesia dapat diminimalisir melalui penanaman sikap
multikulturalisme dan interaksi…
A.
Non-dialogis.
B.
Asimetris.
C.
Disosiatif.
D.
Asosiatif.
22.
Contoh penegakan norma hokum
yang paling tepat karena bersifat persuasive adalah..
A.
Penyuluhan peraturan lalu
lintas kepada pelanggar rambu-rambu lalu lintas.
B.
Pemberian sanksi kepada siswa
yang tidak memakai seragam sekolah.
C.
Setiap siswa bari SMP
diwajibkan mengikuti penyuluhan tertib berlalu lintas.
D.
Warga kelurahan Sukamaju
bergotong-royong dalam membersihkan saluran air.
23.
Pernyataan dibawah ini yang
menggambarkan norma hokum tidak berjalan adalah…
A.
Pemutusan hubungan kerja
sepihak terhadap karyawan.
B.
Setiap warga Negara yang baik,
wajib membayar pajak.
C.
Penetapan hukuman penjara
sebagai punishment bagi koruptor.
D.
Penangkapan terhadap upaya
penyelundupan manusia.
24.
Sejak bersekolah di TK sampai
duduk di Kelas 8 SMP, Lia dan Tita tetap berteman, sehingga mereka sudah saling
mengenal sifat masing-masing. Pernyataan yang tepat mengenai peranan teman sepermainan adalah…
A.
Menanamkan terbentuknya sifat
kepatuhan.
B.
Menanamkan berbagai norma dalam
masyarakat.
C.
Menanamkan sifat empati dan
toleransi.
D.
Mendorong terbentuknya pribadi
yang pasrah.
25.
Pernyataan yang paling tepat
untuk memperlihatkan kebersihan sosialisasi pada individu adalah dapat…
A.
Hidup secara mandiri.
B.
Memenuhi kebutuhan hidup.
C.
Memanfaatkan berbagai potensi
diri.
D.
Selaras dengan harapan
masyarakat.
26.
SMP Citra Mandiri dan SMP
Harapan Bunda selalu berkompetisi dalam meraih prestasi terbaik di bidang
olahraga. Pernyataan yang tepat untuk menggambarkan fungsi positif persaingan
tersebut adalah…
A.
Memperkuat ikatan kelompok
untuk meningkatkan prestasi.
B.
Sebagai saluran untuk membalas
dendam kelompok.
C.
Sebagai ajang menunjukkan
eksistensi kelompok.
D.
Memunculkan perpecahan dalam
kelompok.
27.
Perhatikan pernyataan ciri-ciri
sebuah kompetisi dibawah ini!
(1)
Selalu dimulai dengan motif
untuk membalas dendam.
(2)
Memiliki keinginan untuk
bersaing secara sehat.
(3)
Selalu memperhatikan aturan
main.
(4)
Menganggap tim competitor
bermain curang.
Pernyataan yang mengarah kepada sifat destruktif dari kompetisi
adalah nomor…
- (1) dan (2)
- (1) dan (3)
- (1) dan (4)
- (3) dan (4)
28.
Perilaku individu atau kelompok
yang tidak sesuai dengan norma dan nilai sehari-hari dikatakan sebagai
penyimpangan social. Di bawah ini merupakan contoh dari perilaku tersebut….
(1)
Siswa SMP merokok.
(2)
Demonstrasi kenaikan upah buruh
pabrik.
(3)
Balapan motor liar setiap malam
minggu.
(4)
Memakai uang sekolah untuk
jajan.
Dari keempat perilaku diatas, contoh yang tergolong sebagai
penyimpangan sosial adalah….
A.
(1), (2), dan (3).
B.
(1), (3), dan (4).
C.
(1), (2), dan (4).
D.
(2), (3), dan (4).
29.
Resiko yang sangat berat dari
kecanduan narkoba bagi seorang pelajar adalah…
A.
Tertutupnya kesempatan
memperbaiki masa depan.
B.
Terulang kembali untuk
melakukan perbuatan menyimpang.
C.
Terhambatnya pendidikan untuk
menyiapkan masa depan.
D.
Hilangnya rasa percaya diri dan
dijauhi teman-temannya.
30.
Memberi contoh teladan adalah
salah satu bentuk pengendalian sosial tanpa kekerasan.Pola pengendalian sosial
tersebut menggunakan pendekatan….
A.
Preventif.
B.
Represif.
C.
Persuasif.
D.
Depresif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar