Halaman

Selasa, 24 Maret 2015

PULAU UNTUNG WISATA PULAU UNTUNG: SPOT WISATA ALAM DI KEPULAUAN SERIBU

Wisata alam pantai dan pulau yang berada di Kepulauan Seribu, memang tak ada habisnya. Keindahan alamnya yang menakjubkan, rasanya tidak untuk dipandang sebelah mata. Bila kita memiliki waktu luang cukup panjang, kita bisa menggelar sebuah rencana berwisata menuju Pulau Untung. Barangkali kita telah mengenal dan mengetahui sejumlah pulau lain yang berada dalam gugus Kepulauan Seribu. Namun, tak ada yang salah bila kali ini kita akan membicarakan dunia wisata yang ada di pulau itu.
Perjalanan menuju Pulau Untung bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 30 menit lamanya. Durasi ini bila ditempuh dari dermaga Tanjung Pasir, Tangerang. Di sana, banyak ABK kapal boat yang menawarkan jasa mengantarkan kita berperjalanan menuju pulau manapun di Kepulauan Seribu, yang kita inginkan. Kisaran harga yang bisa kita bayarkan, adalah sekitar Rp10.000/orang. Namun, lazimnya, kita akan dipungut 2x jumlah harga tersebut. Kenapa? Para ABK akan mengantar maupun mengantarkan kita ke pulau tersebut. Sehingga, fee-nya pun akan dobel.
Secara geografis, Pulau Untung memang memiliki posisi yang lebih dekat dengan Ibukota Jakarta maupun Tangerang. Tak ayal, waktu perjalanan pun bisa ditempuh tak lebih dari sejam. Dan, pulau ini memiliki luas sekitar 40,10 hektar. Selama perjalanan, tak jarang sekawanan burung laut tampak beterbangan tinggi rendah di atas permukaan laut. Hal yang mungkin asing bagi sebagian wisatawan; terlebih bagi yang belum pernah mengunjungi spot Kepulauan Seribu. Ikan-ikan, banyak pula yang berenang berkejaran satu sama lain; mengikuti laju perahu motor nelayan.
Saat kaki menginjakkan hamparan pasir putihnya, kekaguman kita pun akan tumbuh. Keelokan suasananya yang teduh dan tenang, menghantarkan kita pada rasa syukur yang tak terkira kepada Tuhan, atas segala bentuk ciptaan-Nya.
Pulau Untung ini termasuk pulau yang berpenghuni. Penduduk yang mendiami pulau itu, sekitar 1.888 jiwa. Mereka terkenal ramah dan suka menghormati tamu. Di antara mereka, rata-rata adalah pelaut. Sebagian lagi, merupakan pengusaha yang membuka sejumlah usaha, seperti rumah makan, penginapan, toko suvenir, dan penyewaan alat-alat untuk snorkeling dan selam.
Pulau Untung 1
Pulau Untung 2
Pulau Untung 3
Pulau Untung 4
Selain fasilitas yang berkaitan dengan pariwisata, di Pulau Untung, kita juga bisa menjumpai sarana umum. Seperti kantor kelurahan, puskesmas, sekolah, dan lain-lain.
Destinasi seperti yang terhampar di Pulau Untung, sangat memungkinkan untuk kita kunjungi saat akhir pekan. Bisa juga kita merencanakan berpiknik bersama keluarga, teman, atau kelompok, saat musim libur tiba.
Well, keindahan panorama alam di Pulau Untung, menjadi referensi ideal bagi para pecinta wisata bahari. Pulau Untung, dan juga pulau lain seperti Pulau Macan yang ada dalam gugus Kepulauan Seribu, adalah jawaban atas segala rutinitas kita di perkotaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar