Halaman

Rabu, 08 Oktober 2014

OSN IPS SMP

1.  Salah satu pulau di Indonesia yang tidak ditemukan peninggalan sejarah masa perkembangan Hindu Budha adalah….
A.    Jawa.
B.     Maluku.
C.     Bali.
D.    Sumatera.
2.  Kronologi perkembangan masuknya Islam ke Indonesia berdasarkan urutan masa berdirinya kerajaan-kerajaan Islam adalah…
A.    Gowa-Banjarmasin-Tallo.
B.     Mataram Islam-Demak-Banten.
C.     Samudera Pasai-Demak-Panjang.
D.    Cirebon-Demak-Samudera Pasai.
3.  Pernyataan yang benar berkaitan denganpeninggalan masa penyebaran Islam adalah….
A.    Gua Sunyaragi merupakan peninggalan Kerjaan Banten.
B.     Mesjid Agung Kasepuhan merupakan peninggalan Kerjaan Tidore.
C.     Genta perunggu “Cakra Donya” merupakan peninggalan Kerajaan Aceh.
D.    Nisan makam Maulana Malik Ibrahim merupakan peninggalan Kerjaan Demak.
4.  Salah satu dampak pelaksanaan Preanger Stelsel pada zaman VOC adalah…
A.    Rakyat menjadi korban akibat sistem tanam paksa kopi.
B.     Rakyat mengenal teknik menanam karet yang benar di lereng-lereng bukit.
C.     Bencana kelaparan di Pekalongan dan Grobogan sebagai wilayah penanaman indigo.
D.    Dibangunnya jalan Pos antara Anyer sampai Panarukan.
5.  Salah satu kesamaan perlawanan Thomas Matulesy dan Untung Surapati terhadap VOC adalah keduanya…
A.    Mendapat bantuan dari kerajaan tetangga.
B.     Berakhir akibat adanya pengkhianatan.
C.     Menggunakan strategi adu domba.
D.    Menentang penindasan VOC.
6.  Salah satu dampak social budaya penerapan sistem Tanam Paksa di masyarakat Jawa pada masa kolonial Belanda adalah….
A.    Berkurangnya pengaruh elit tradisional.
B.     Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa pergaulan.
C.     Kemandegan usaha pertanian rakya.
D.    Terjadinya kelaparan yang meluas.
7.  Salah satu cirri pendidikan pada zaman kolonial Belanda adalah…
A.    Hanya mengajarkan bahasa Belanda.
B.     Sekolah tertutup untuk kaum pribumi.
C.     Dibuka sekolah kejuruan dan umum.
D.    Sistem pendidikan yang lengkap.
8.  Faktor social budaya yang mendorong lahirnya pergerakan Kebangsaan Indonesia adalah….
A.    Meningkatnya simpati pemerintah colonial Belanda.
B.     Rakyat Indonesia merasa sangat tertindas oleh penjajahan Belanda.
C.     Munculnya kaum terpelajar yang berfaham kebangsaan.
D.    Adanya tokoh-tokoh daerah yang menjadi pemimpin pemberontakan.
9.  Pengaruh Perang Dunia I terhadap pergerakan nasional Indonesia adalah..
A.    Mendorong lahirnya Budi Utomo.
B.     Meningkatnya radikalisme kaum nasionalis.
C.     Melemahnya sifat radikalisme gerakan komunis.
D.    Mendorong lahirnya Indische Partij.
10.  Perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan Jepang adalah…
A.    Perlawanan PETA di Blitar.
B.     Perlawanan K.H.Z Mustafa di Singaraja.
C.     Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta.
D.    Perang Puputan Margarana di Bali.
11.  Perhatikan urutan peristiwa berikut ini!
(1)   Peristiwa Rengasdengklok.
(2)   Janji Kemerdekaan dari Perdana Menteri Koiso.
(3)   Pembacaan teks Proklamasi.
(4)   Pemanggilan Soekarno – Hatta ke Dalat
Kronologi peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI diatas yang benar adalah…
  1. 1, 2, dan 3
  2. 2, 4, dan 1
  3. 2, 3, dan 4
  4. 4, 1, dan 3
12.  Salah satu bentuk perjuangan diplomasi Indonesia yang menghasilkan pengakuan kedaulatan dari Negeri Belanda terdapat dalam…
A.    Konferensi Meja Bundar.
B.     Perundingan Renville.
C.     Perundingan Linggarjati.
D.    Perundingan Roem Royen.
13.  Arti penting pelaksanaan PEPERA(Penentuan Pendapat Rakyat) pada tahun 1969 di Irian Barat bagi Indonesia adalah…
A.    Agar Nusantara bersatu dibawah RIS.
B.     Seluruh wilayahh Indonesia berada dalam satu kesatuan.
C.     Irian Barat menjadi wilayah RI yang memiliki status khusus.
D.    Keutuhan wilayah NKRI sesuai proklamasi kemerdekaan RI.
14.  Peristiwa menjelang pecahnya peristiwa G 30S/PKI ditunjukkan oleh adanya fakta…
A.    Persaingan partai politik.
B.     Kerusuhan di berbagai daerah.
C.     Penculikan tujuh jenderal.
D.    Pembentukan dewan jenderal.
15.  Pernyataan yang terkait dengan peristiwa penumpasan G 30S/PKI adalah operasi…
A.    Seroja.
B.     Tritura.
C.     Trisula.
D.    Kikis.
16.  Berikut ini adalah tujuan reformasi….
A.    Meningkatkan kepercayaan rakyat kepada pemerintahan dan kabinetnya.
B.     Meningkatkan impor untuk memperkuat ekonomi nasional.
C.     Menegakkan supremasi hokum,HAM, dan demokrasi.
D.    Meningkatkan stabilitas politik dalam negeri.
17.  Peristiwa yang berkaitan dengan Konferensi Bogor menjelang pelaksanaan Konferensi Asia Afrika adalah…
A.    Dihadiri oleh lima Presiden Negara Asia-Afrika.
B.     Penunjukkan Ali Sastroamidjojo sebagai ketua konferensi.
C.     Menetapkan tujuan pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika di Bandung.
D.    Menetapkan 50 negara Asia-Afrika yang akan diundang.
18.  Salah satu peranan Indonesia sebagai anggota ASEAN dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara adalah…
A.    Ikut berperan sebagai mediator politik pada konflik di Filipina bagian selatan.
B.     Mengirim pasukan untuk menumpas pemberontakan di Kamboja.
C.     Kerjasama memajukan pariwisata dengan pemerintah Thailand.
D.    Turut mendukung tuntukan demokrasi di Birma.
19.  Latar belakang lahirnya Gerakan Non Blok adalah…
A.    Kesepakatan Negara yang tergabung dalam Blok Barat dan Blok Timur.
B.     Ketidakstabilan keamanan dunia pasca perang Dunia II.
C.     Ancaman Perang Dingin terhadap perdamaian dunia.
D.    Sebagai organisasi tandingan yang tidak memihak salah satu blok.
20.  Program yang dilaksanakan pada saat Indonesia menjadi ketua Non Blok adalah…
A.    Kerjasama penanggulangan sengketa perbatasan.
B.     Kerjasama dalam bidang militer.
C.     Menghidupkan dialog Barat-Timur.
D.    Menghidupkan dialog Utara-Selatan.
21.  Konflik yang sering terjadi antar etnik di Indonesia dapat diminimalisir melalui penanaman sikap multikulturalisme dan interaksi…
A.    Non-dialogis.
B.     Asimetris.
C.     Disosiatif.
D.    Asosiatif.
22.  Contoh penegakan norma hokum yang paling tepat karena bersifat persuasive adalah..
A.    Penyuluhan peraturan lalu lintas kepada pelanggar rambu-rambu lalu lintas.
B.     Pemberian sanksi kepada siswa yang tidak memakai seragam sekolah.
C.     Setiap siswa bari SMP diwajibkan mengikuti penyuluhan tertib berlalu lintas.
D.    Warga kelurahan Sukamaju bergotong-royong dalam membersihkan saluran air.
23.  Pernyataan dibawah ini yang menggambarkan norma hokum tidak berjalan adalah…
A.    Pemutusan hubungan kerja sepihak terhadap karyawan.
B.     Setiap warga Negara yang baik, wajib membayar pajak.
C.     Penetapan hukuman penjara sebagai punishment bagi koruptor.
D.    Penangkapan terhadap upaya penyelundupan manusia.
24.  Sejak bersekolah di TK sampai duduk di Kelas 8 SMP, Lia dan Tita tetap berteman, sehingga mereka sudah saling mengenal sifat masing-masing. Pernyataan yang tepat  mengenai peranan teman sepermainan adalah…
A.    Menanamkan terbentuknya sifat kepatuhan.
B.     Menanamkan berbagai norma dalam masyarakat.
C.     Menanamkan sifat empati dan toleransi.
D.    Mendorong terbentuknya pribadi yang pasrah.
25.  Pernyataan yang paling tepat untuk memperlihatkan kebersihan sosialisasi pada individu adalah dapat…
A.    Hidup secara mandiri.
B.     Memenuhi kebutuhan hidup.
C.     Memanfaatkan berbagai potensi diri.
D.    Selaras dengan harapan masyarakat.
26.  SMP Citra Mandiri dan SMP Harapan Bunda selalu berkompetisi dalam meraih prestasi terbaik di bidang olahraga. Pernyataan yang tepat untuk menggambarkan fungsi positif persaingan tersebut adalah…
A.    Memperkuat ikatan kelompok untuk meningkatkan prestasi.
B.     Sebagai saluran untuk membalas dendam kelompok.
C.     Sebagai ajang menunjukkan eksistensi kelompok.
D.    Memunculkan perpecahan dalam kelompok.
27.  Perhatikan pernyataan ciri-ciri sebuah kompetisi dibawah ini!
(1)   Selalu dimulai dengan motif untuk membalas dendam.
(2)   Memiliki keinginan untuk bersaing secara sehat.
(3)   Selalu memperhatikan aturan main.
(4)   Menganggap tim competitor bermain curang.
Pernyataan yang mengarah kepada sifat destruktif dari kompetisi adalah nomor…
  1. (1) dan (2)
  2. (1) dan (3)
  3. (1) dan (4)
  4. (3) dan (4)
28.  Perilaku individu atau kelompok yang tidak sesuai dengan norma dan nilai sehari-hari dikatakan sebagai penyimpangan social. Di bawah ini merupakan contoh dari perilaku tersebut….
(1)   Siswa SMP merokok.
(2)   Demonstrasi kenaikan upah buruh pabrik.
(3)   Balapan motor liar setiap malam minggu.
(4)   Memakai uang sekolah untuk jajan.
Dari keempat perilaku diatas, contoh yang tergolong sebagai penyimpangan sosial adalah….
A.    (1), (2), dan (3).
B.     (1), (3), dan (4).
C.     (1), (2), dan (4).
D.    (2), (3), dan (4).
29.  Resiko yang sangat berat dari kecanduan narkoba bagi seorang pelajar adalah…
A.    Tertutupnya kesempatan memperbaiki masa depan.
B.     Terulang kembali untuk melakukan perbuatan menyimpang.
C.     Terhambatnya pendidikan untuk menyiapkan masa depan.
D.    Hilangnya rasa percaya diri dan dijauhi teman-temannya.
30.  Memberi contoh teladan adalah salah satu bentuk pengendalian sosial tanpa kekerasan.Pola pengendalian sosial tersebut menggunakan pendekatan….
A.    Preventif.
B.     Represif.
C.     Persuasif.
D.    Depresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar